Beranda / Web / Wordpress / WordPress – Pengaturan Post

WordPress – Pengaturan Post

Pada artikel kali ini kita akan membahas pengaturan Post. Menu kedua pada halaman panel admin WordPress setelah Dashboard yaitu menu Post. Menu inilah yang akan paling sering diakses, karena digunakan untuk pengaturan artikel yang akan sering kita update. Menu ini terdiri dari 4 sub menu yaitu :

  • All Post
  • Add New
  • Categories
  • Tags

Menampilkan Post

Untuk menampilkan semua post (artikel) yg telah ditulis dapat memilih sub menu All Post. Untuk mengedit atau menghapus data post pilih dahulu post yang akan diedit atau dihapus, lalu pilih aksi Bulk Action, kemudian klik tombol apply. kita juga dapat mengedit atau menghapus data menggunakan link yang muncul ketika judul post ditunjuk mouse. Kedua cara mengedit dan menghapus seperti ini juga berlaku pada semua data yang ada pada menu menu
lain.

Kita dapat memfilter post berdasarkan tanggal atau kategori yang ada disebelah kanan tombol apply, lalu klik tombol filter. Untuk mengubah tampilan data, klik ikon yang ada di bawah tombol serach post.

 

Manambah Post

Menambah post dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu klik tombol Add New disamping judul post atau dengan memilih sub menu Add New dibawah sub menu all post.

Untuk memasukan post, tuliskan judul post  pada kotak input yang bertuliskan Enter Tittle Here dan isi post pada kotak dibawahnya.
Selanjutnya klik tombol Publish di sebelah kanan untuk menerbitkan post agar dapat tampil di halaman pengunjung. Kita juga dapat menentukan format tampilan post dengan memilih salah
satu format yang disediakan di bawah tombol Publish. Jumlah format yang didukung pada setiap tema berbeda – beda.

Untuk melihat perubahan yang terjadi pada website, klik judul website yang terletak di ujung  kiri atas halaman dengan ikon gambar rumah.

Untuk memasukan post kedalam kategori tertentu, pilih kategori yang ada pada sebelah kanan bawah. KIta harus scroll halaman untuk melihat daftar kategori tersebut. Dibawahnya kita juga dapat memilih tag dan gambar post (featured image).

JIka kita ingin menyisipkan media seperti gambar, audio, video cukup klik tombol Add Media yang berada dibawah kotak input judul post, maka akan muncul kotak dialog untuk memilih media
yang diinginkan, lalu klik tombol Insert Into Post.

Sekian  pembahasa dari pilihan dan kontrol yang ada pada menu Post. Untuk lebih jelasnya silahkan praktek dan cob-coba menu yang ada dan perhatikan perubahan pada artikel dihalaman website Anda.

Tentang gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

WordPress – Discussion

Sub menu ini berisi semua pengaturan yang berkaitan dengan komentar. Penjelasan mengenai pengaturannya sebagai berikut …

WordPress – Menggunakan Tools

WordPress memiliki tools yang dapat digunakan untuk memudahkan pengelolaan data web. Tools tersebut dapat di …

Leave a Reply