Breaking News
Home / Web / Wordpress / WordPress – Download dan Instalasi WordPress

WordPress – Download dan Instalasi WordPress

Setelah kita pahami pada materi sebelumnya WordPress – Apa itu CMS ?WordPress – Apa itu WordPress ? , dan WordPress – Keunggulan WordPress, kali ini kita akan belajar menginstall server lokal dan tentunya wordpress. Tenang saja kamu tidak memerlukan internet untuk menjalankan server ini. Hanya pada saat mendownload aplikasi server lokal yang akan kita gunakan adalah XAMPP serta download WordPress saja kita menggunakan internet.

Pertama kali kita  download masternya dahulu dari website resmi WordPress yaitu http://www.wordpress.org. Pada halaman utama website resminya, ada dua tombol download. Kita dapat menggunakan tombol mana saja yang kita mau, yang nantinya akan diarahkan pada halaman download.

Ada beberapa paket aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat server lokal seperti xampp, wampp, appsrev, dan sebagainya. Seperti sebelumnya saya jelaskan kita akan menggunakan xampp. Anda dapat mengunduhnya secara gratis dari situs resminya www.apachefriends.org/donwload.html setelah anda menginstalnya maka akan ada folder xampp pada direktori C.

Setelah terisntal xampp di komputer, kita dapat langsung menginstal WordPress. Adapun langkah – langkah menginstalnya yaitu sebagai berikut :

  • Extract file wordpress yang masih berbentuk zip ke direktori C://xampp/htdocs. Setelah di extract, kita dapat mengganti nama foldernya sesuai keinginan kita. Misalnya kita ganti nama menjadi website.

  • Bukalah xampp control panel, lalu klik Starr pada Apache dan MySQL.

  • Buka browser, lalu ketikan localhost/phpmyadmin untuk membuat database. Pilih menu Basis Data (Database). Lalu buat database dengan nama website. Klik tombol Buat (create).

  • Buka tab baru, lalu ketikan localhost/website pada adress bar atau sesuaikan dengan nama folder Anda. Misal nama foldernya wordpress maka memanggilnya localhost/wordpress. Langsung tekan saja Lets Go.

  • Berikutnya, kita diminta untuk mengisi pengaturan database. Database Name diisi dengan nama database yang telah kita buat. User Name diisi dengan nama user MySQL, standarnya root. Password diisi dengan password MySQL, kita kosongkan saja karena default dari xampp memang tidak menggunakan password. Database Host diisi localhost. Table Prefix diisi kata yang dijadikan prefik atau awalan pada nama tabel di database, misalnya wp_

  • Langkah selanjutnya, klik saja Run The Install 

  • Pada langkah ini kita diminta untuk melakukan pengaturan website. SiteTitle diisi dengan judul website. Username diisi dengan nama user yang digunakan untuk login ke halaman admin. Password diisi dengan password, yang biasanya sudah tergenerate secara otomatis. Your Email diisi dengan email yang digunakan untuk mengirim psan notifikasi. Selanjutnya klik Install Wordress. 

  • Pada tampilan berikutnya, menunjukan bahwa langkah isntalasi telah suskes. Klik saja tombol Login untuk masuk ke halaman administrator.

Sampai dengan saat ini kita telah selesai memasang wordpress secara offline di pc atau komputer kita. Sekian materi kali ini, kita akan lanjutkan pada materi esok dengan membahas Post dan halaman Admin dari WordPress.

About gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

WordPress – Discussion

Sub menu ini berisi semua pengaturan yang berkaitan dengan komentar. Penjelasan mengenai pengaturannya sebagai berikut …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.