Beranda / Web / Wordpress / WordPress – Apa itu WordPress ?

WordPress – Apa itu WordPress ?

Seperti post sebelumnya Apa itu cms?, sekarang mari kita bahas Apa itu WordPress. WordPress adalah salah satu CMS yang paling populer di dunia nyata maupun maya. WordPress pertama kali hadir pada tahun 2003 sebagai hasil dari pengembangan aplikasi blog b2/cafelog oleh Mat Mullenweg dan Mike Little. Pada awalnya wordpress hanya sekedar media blog pribadi yang hanya bisa digunakan secara online layaknya blogspot yang dimiliki oleh Google. Namun dalam perkembangannya, WordPress menjadi aplikasi CMS berbasis web yang dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis website seperti website personal, website edukasi, website portal perusahaan hingga toko online.

Hal tersebut karena didukung oleh komunitas yang kuat serta para pengembang, bahasa kerennya developer terkait dengan fungsi dan tema yang membuat WordPress mudah digunakan tetapi dapat memiliki tampilan layaknya website profesional. Dalam mempelajari WordPress hanya dibutuhkan waktu kurang dari hitungan jam bagi orang awam. Di desa saya ajarkan ke keponakan saya dan langsung paham. Itulah mengapa WordPress memiliki daya tarik pengguna yang sangat besar.

Dalam  perkembangannya, WordPress sangat disukai oleh para pengguna CMS yang paling banyak digunakan di dunia. Dibawah terdapat grafik statistik pengguna cms di dunia yang diambil dari https://trends.builtwith.com/cms. Dari grafik tersebut dapat dilihat bahwa pengguna WordPress sangat jauh pengguna CMS lain.

 

Nah sekian dulu kenalan dengan WordPressnya, esok kita lanjutkan dengan materi cara instalasi sampe dengan penggunaanya.

Tentang gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

WordPress – Keunggulan WordPress

Tentu ada alasan dibalik suksesnya Wordpres menjadi CMS dengan pengguna terbanyak didunia. Berikut ini kita …

WordPress – Apa itu CMS ?

Sebelum terlalu jauh membahas tentang WordPress, penulis akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu CMS. …

Leave a Reply