Breaking News
Home / Android / Referensi UI dan UX Design Aplikasi Android

Referensi UI dan UX Design Aplikasi Android

Eh ketemu lagi, lanjut artikel kali ini yah tentang design UI dan UX pada aplikasi Android. Sebelum saya bagikan referensi UI dan UX pada aplikasi android sebaiknya kita harus tau apa sih itu UI dan UX…?

UX (User Experience) adalah sebuah strategi, bagaimana membuat pengguna/user nyaman menggunakan suatu produk atau layanan.

UI (User Interface) adalah sebuah hasil akhir dari UX. sesuatu yang bisa dilihat atau berwujud.

http://uniteux.com/memahami-perbedaan-ux-dan-ui/

Dari definisi di atas dapat kita pahami UX adalah bagaimana membuat alur dan tata letak suatu aplikai membuat nyaman pengguna, dan sedangkan UI adalah desain yang dihasilkan berdasarkan alur yang telah kita rencanakan tersebut.

Biasanya cara cepat agar kita mendapat inspirasi dalam membuat desain UI dan UX yang bagusa adalah mengikuti desain aplikasi yang sedang trends atau digunakan banyak pengguna karena pengguna tidak asing lagi dengan desain kita karena mereka terlah terbiasa dengan aplikasi yang sedang trends.

Google juga mengeluarkan guidelines dalam desain aplikasi Android yaitu Material Design dengan tujuan agar aplikasi yang dibuat oleh developer sesuai dengan desain mereka. Namun Google tidak mengharuskan kita harus mengikuti desain yang mereka miliki.

Berikut saya bagi referensi desain UI dan UX.

Android App Patterns

Website yang berisi screenshoot dari aplikasi android yang dapat kita cari dengan berdasarkan kategori seperti berikut

Android UX

Sama halnya dengan android patterns, android ux menampilkan screen dari android lolipop dan marshmallow namun dengan kategori yang berbeda. Berikut daftar kategorinya.

Android Niceties

Sedangkan pada web AndroidNiceties sedikit berbeda karena merupakan page Tumblr yang berisi kumpulan screenshoot aplikasi yang sangat keren-keren di UI dan UX nya.

Oke itu saja referensi dari saya semoga berdasarkan ketiga referensi di atas temen-temen dapat membuat aplikasi yang keren yang dapat bermanfaat bagi pengguna tentunya.

Salam Gookkis, pokonya ngodiiing…

About gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

Ahmad Rosid – Cara Mengatasi Custom Request Dengan Retrofit

Kadang kala dalam urusan dengan API kita akan mendapati request yang tidak biasa kita jumpai …

2 comments

  1. Terimakasih atas infonya ,, memang ui/ux ada hal yang wajib di pelajari bagi developer android ,,untuk menghasilkan ..produk atau aplikasi yang berkualitas..saya juga kalau bikin aplikasi kadang memang kurang memperhatikan ui/uxnya..hehe

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: