Breaking News
Home / Bahasa Pemrograman / JavaScript (ES) / ReactJS – Mengenal ReactJS

ReactJS – Mengenal ReactJS

ReactJS adalah library Javascript yang digunakan untuk membantu mendeskripsikan view berdasarkan beberapa keadaan. Mudahnya library ini membantu kita dalam melakukan pengembangan aplikasi berbasis web agar penanganan keadaan (state) dalam tampilan lebih mudah, karena selama ini salah satu kendala jika menggunakan bahasa pemrograman yang lain seperti PHP agak kesulitan menangani keadaan realtime atau dalam jumlah user yang banyak. ReactJS dibuat oleh Facebook dan dapat digunakan atau disebarkan secara gratis.

Pada aplikasi web Facebook sangat terasa penerapan ReactJS pada beberapa fitur diantaranya adalah pada komentar, tombol Like, dan lainnya yang langsung terlihat di layar browser kita pada saat itu juga.

Kelebihan ReactJS

Berikut ini merupakan keunggulan dari ReactJS :

Reuseable, composable, dan stateful components

Di ReactJS, kita dapat membuat view menggunakan komponen yang lebih kecil. Kita dapat memanfaatkan komponen tersebut pada banyak tempat dengan state dan property yang berbeda. Komponen juga dapat tersusun dari komponen lainnya.

Setiap komponen dalam aplikasi berbasis ReactJS mempunyai state private yang dapat berubah sewaktu-waktu dan ReactJS akan melakukan update view komponen secara otomatis ketika state berubah. Berbeda dengan ajax maupun php yang harus reload page.

Memiliki fitur reactive updates

Dalam aplikasi web biasa, ketika state dari komponen/page berubah, perubahan tersebut perlu ditampilkan pada suatu tempat. Contohnya, kita perlu membuat view HTML untuk Document Object Model (DOM) browser ketika state-nya berubah.

Dengan ReactJS, kita tidak perlu melakukan hal tersebut lagi. ReactJS akan melakukan sesuatu dan mengupdate view secara otomatis ketika hal tersebut dibutuhkan.

Representasi virtual dari views dalam memory

Dengan ReactJS, kita dapat membuat file HTML dengan menggunakan javascript. ReactJS bergantung pada kekuatan javascript untuk membuat file HTML yang bergantung pada beberapa data dan bukannya membuat file HTML bekerja dengan data tersebut.

Membuat file HTML bekerja dengan data merupakan hal yang biasanya dilakukan oleh framework Javascript lainnya. Contohnya adalah AngularJS dan VueJS dengan fitur loops, conditionals, dan lainnya.

ReactJS menggunakan javascript untuk melakukan render HTML sehingga tidak diperlukan lagi akses terhadap DOM. Pada ReactJS jika ada state komponen yang berubah akan melakukan render ke HTML ulang, sehingga akan berubah semua, berbeda dengan AJAX yang akan mengganti atau menambah DOM pada HTML.

Beberapa situs web yang menggunakan ReactJS diantaranya adalah:

Jika ingin mengetahui situs lainnya yang menggunakan ReactJS silahkan kunjungi link berikut ini https://github.com/facebook/react/wiki/Sites-Using-React

About gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.