Breaking News
Home / Bahasa Pemrograman / Pengenalan Flask

Pengenalan Flask

Flask adalah web framework untuk bahsasa pemrograman Python,  yang memudahkan pengguna Python dalam mengembangkan aplikasi berbasis web. Flask sendiri juga dikembangkan menggunakan Python dan pustaka Werkzug, yaitu pustaka WSGI yang digunakan untuk melakukan pemetaan rute URL (routing) dan pelacakan kesalahan (debbuging) pada aplikasi WSGI.

Bab ini akan menjelaskan tentang dasar – dasar penggunaan Flask, mulai dari pengaturan lingkungan pengembangan virtual (virtual encironment) menggunakan virtualenv instalasi pip, instalasi Flask, sampai ke cara pembuatan aplikasi sederhana didalam Flask. Aplikasi yang dibuat menggunakan Flask merupakan aplikasi WSGI. oleh karena itu sebelum membahas tentang Flask, kita akan membahas sekilas tentang WSGI terlebih dahulu.

Karena Flask adalah web framwork untuk Python maka pastikan intepreter Python sudah terpasang di komputer Anda. Flask mendukung Python 2.x dan Python 3.x, Namun dalam buku ini kita akan menggunakan Python 2.7. Alasannya, masih terdapat pustaka Flask yang hanya dapat dijalankan didalam Pyhton 2.x. Sebagaian besar distribusi Linux telah membungkus 2.7 sehingga pengguna tidak perlu lagi untuk memasang Python 2.7. Untuk melihat versi Python yang digunakan, tulis python didalam terminal.

(KODE)

Dalam buku ini semua pembahasan materi akan didemonstrasikan menggunakan Linux (Ubuntu 14.04). Meskipun demikian, pada bagian akhir bab ini akan disajikan juga tentang cara menggunakan Python dan Flask di lingkungan Windows.

About gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

Ahmad Rosid – Membangun API GraphQL dengan Lumen

Sampai saat ini perkembangan teknologi sangatlah begitu cepat datangnya, dari sekian banyak perkembangan itu disini …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.