Breaking News
Home / Android / Kotlin 5 – Control Flow (if, when, for, while)

Kotlin 5 – Control Flow (if, when, for, while)

Halo…sobat Gookis lama banget yah admin ga buat tulisan, mungkin gara-gara sibuk apa malahan lost fokus yah… Hehehe… Sebagai informasi sebelumnya Gookis Studio mengadakan kelas online dengan Materi Kotlin Zero To Hero melalui Google Classroom, dengan materi-materi praktek tentunya agar teman-teman lebih cepat paham dalam menggunakan kotlin. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka channel Youtube Gokkis Studio https://www.youtube.com/c/GookkisStudio kemudian Subscribe.
  2. Screenshoot kemudian hubungi kami lewat telegram id http://t.me/gookkis, dapatkan kode untuk bergabung ke kelas
  3. Buka url https://classroom.google.com
  4. Klik Icon + kemudian pilih Join Kelas/Gabung Kelas
  5. Masukan kode kelas yang didapatkan.

Nah balik ke materi, kali ini saya akan membahas tentang control flow yang ada pada pemrograman berbahasa kotlin. Control flow tersebut meliputi if, when, for, dan while. Mari kita bahas satu per satu.

  • If

If digunakan pada saat kita akan menggunakan kondisi untuk mengeksekusi kode tertentu contohnya adalah sebagai berikut :

Pada kode diatas akan menampilkan output “Nilai A 15 > Nilai B 10”

  • When

When digunakan untuk mengeksekusi kode dengan kata kunci untuk pengecekan kondisi yang lebih banyak jumlahnya. When akan melakukan pengecekan satu persatu pilihan dan mengeksekusi kode pertama yang bernilai true. When dalam bahasa java sering kita kenal dengan Switch. Contoh kodenya seperti di bawah ini :

Kode di atas akan menampilkan “x == 1” dan baris baru dengan output “x antara 1-10”. Pada when kedua penggunaan range untuk sebuah kondisi.

  • For

For digunakan untuk melakukan perulangan contohnya pada tipe data array ataupun collection. Dimana kita dapat melakukan berbagai kode dengan dasar meng-iterate elemen dari array atau item dari collection. Contoh kodenya adalah sebagai berikut :

Pada kode diatas jika kita eksekusi pada for pertama output pertama menampilkan jumlah elemen pada arrayString. Kemudian output selanjutnya adalah menampilkan angka ganjil saja, karena saya menggunakan mod operator membagi nilai dengan 2 jika hasilnya tidak habis maka akan mengeksekusi kode sehingga yang tampil hanya angka ganjil. Untuk For berikutnya adalah menampilkan array data dalam bentuk string.

  • While

While digunakan untuk mengeksekusi kode seterusnya dimana nilai kondisinya selalu bernilai true. Contoh kodenya ada dibawah ini

kode diatas akan menampilkan output berupa “nilai y adalah 10” berulang sejumlah 11 kali sampai dengan nilai 0, sedangkan yang kedua adalah berulang dari satu sampai dengan 5.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada video youtube berikut ini.

Code lengkap dapat didownload ditombol berikut ini.

Download View Github

About gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

Ahmad Rosid – Berpindah Halaman Pada React Native

Kali ini kita akan coba bahas react-native yaitu tentang bagaimana berpindah dari satu halaman ke …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.