Breaking News
Home / Android / Kotlin 2 – Basic Syntax Kotlin Android

Kotlin 2 – Basic Syntax Kotlin Android

Setelah kita kemarin belajar tentang setting kotlin pada Android Studio, yang belum baca silahkan ke sini https://www.gookkis.com/kotlin-1-konfigurasi-android-studio-dengan-kotlin/.

Mari kita bahas sintaks pada bahasa pemrograman Kotlin. Hal ini penting untuk dipahami sebelum kita mulai menulis kode baru untuk proyek kita. Tidak seperti bahasa JVM lainnya seperti Java, Kotlin tidak mengharuskan Anda mengakhiri setiap baris dengan titik koma, seperti dibawah ini.

Anda masih bisa menggunakannya, tapi tidak diperlukan. Contoh diatas menunjukan method onCreate dan onClick pada class Activity. Kotlin menggunakan paket/ package, sama seperti Java. Impor juga sama antara Kotlin dengan Java. Misalnya, import android.os.bundle. Satu-satunya perbedaan adalah titik koma yang hilang. Kelas didefinisikan dengan kata kunci kelas, sama seperti di Java. Dan untuk extends ke kelas lain kita gunakan tanda : terhadap kelas yang akan kita extends, sedangkan untuk implements kita gunakan , contoh seperti berikut ini.

Sementara Java memiliki metode seperti void, on, create, bundle, save instance, Kotlin akan terlihat seperti override fun onCreate (savedInstanceState: Bundle?). Kotlin menggunakan kata fun untuk mendefinisikan sebuah fungsi/function. Lihat pada kode paling atas Bundle dituliskan setelah variabel. Kotlin bisa memiliki fungsi pengubah seperti public, private, protected. Tapi jika kita tidak tuliskan modifier nya maka standarnya bersifat publicVariable tersebut dapat dipakai dalam scope modul.

Penulisan komentar di Kotlin sama seperti di Java. Anda bisa menggunakan dua garis miring ke depan untuk komentar akhir baris. Untuk beberapa baris, gunakan bintang garis miring atau Anda bisa menggunakan dua bintang dan kemudian garis miring bintang.

Oke untuk selanjutnya kita akan masuk dalam proyek android dengan bahasa pemrograman kotlin.

About gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

Medium – Tips #1 Rounded Bitmap Glide

Tulisan kali ini saya akan menyambung tulisan lama saya, dimana disini masih dalam kasus yang …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.