Beranda / Bahasa Pemrograman / Dasar Java – Sintaks Dasar Java

Dasar Java – Sintaks Dasar Java

Program Java dapat di definisikan sebagai sebuah kompulan objek – objek yang saling berkomunikasi dengan cara memanggil method – method yang dimiliki masing – masing objek.

Berikut ini penjelasan singkat mengenai kelas, objek, method dan variabel instance.

  • Objek – objek memiliki state (keadaan) dan berhavior (perilaku). Contoh : Seekor anjing memiliki keadaan – warna, nama, jenis, dan juga perilaku = menggonggong, makan, tidur. Sebuah objek adalah Instance dari kelas.
  • Kelas – sebuah kelas dapat didefinisikan sebagai sebuah template / blue print yang mendeskripsikan perilaku/ keadaan yang didukung oleh objek merupakan tipe kelas tersebut.
  • Method – method pada dasarnya adalah sebuah perilaku. sebuah kelas banyak memiliki method. penulisan logika, manipulasi data dan eksekusi dari aksi lainnya semuanya dilakukan di dalam method.
  • Variabel Instance – setiap objek memiliki variabel sendiri, keadaan sebuah objek dibuat berdasarkan nilai – nilai yang dimasukan dalam variabel instaancenya.

Program Java Pertama 

Berikut ini contoh kode sederhana untuk menampilkan Halo Dunia

untuk menyimpan, compile dan menjalankan program tersebut, lakukan langkah – langkah berikut :

  • Buka editor teks dan tuliskan kode tersebut
  • simpan file sebagai : ProgramJavaPertamaJava
  • Buka jendela comant prompt dan pergi ke direktori dimana anda menyimpan kelas
  • Masukan ‘Javac ProgramJavaPertama.java’ dan tekan enter untuk masukan compile
  • Masukan ‘Java ProgramJavaPertamaJava ‘ untuk menjalankan program
  • Halo Dunia akan ditampilkan
Sintaks Dasar Java 

Berikut ini hal – hal yang harus diperhatikan dalam pemograman Java :

  • Case Sensitive – Java bersifat case sensitive, yang berarti identifier Halo dan halo memiliki arti yang berbeda
  • Untuk semua nama kelas, huruf pertama harus merupakan huruf kapital. contoh : KelasJavaPertama
  • Semua nama method harus diawali dengan huruf kecil. contoh : public void namaMethodSaya()
  • Nama file program harus sama dengan nama kelas
  • public static void main (String args []) – Pemrosesan program Java dimulai dari method main, yang merupakan bagian yang harus ada dalam setiap program Java.

Identifier Java 

Semua komponen Java memiliki nama. Nama – nama yang digunakan untuk kelas, variabel dan method disebut identifier .

  • Berikut ini hal – hal yang perlu diperhatikan mengenai Identifier :
  • Semua identifier harus diawali dengan huruf (A-Z atau a-z), karakter $ atau karakter _(underscore)
  • Setelah karakter pertama, identifier dapat berisi karaker apa saja
  • Sebuah kata kunci tidak dapat digunakan sebagai identifier
  • Identifier bersifat case sensitive

 

Modifer Java 

Seperti pada bahasa pemograman lainnya, Anda dapat memodifikasi kelas, method dan sebagainya dengan menggunakan modifer.

Ada dua kategori modifer dalam Java :

  • Modifer Akses : default, public, protected, private
  • Modifer Non-akses : final, abstract, strictip

 

Variabel Java 

Terdapat bebrapa jenis variabel dalam Java :

  • Variabel lokal
  • Variabel kelas (varibel static)
  • Variabel Instance (variabel non – static)

Array Java 

Array adalah objek yang menyimpan beberapa variabel dengan jenis yang sama.

Enum Java 

Enum membatasi sebuah variabel untuk memiliki satu nilai dari nilai – nilai yang telah ditentukan sebelumnya. NIlai – nilai ini kemudian disebut enum

berikut contoh penggunaan enum untuk membatasi ukuran gelas ditempat penejualan jus segar. Ukuran gelas dibatasi menjadi kecil sedang dan besar.

Kata Kunci Java 

 

Berikut ini daftar kata kunci dalam Java. Kata kunci ini tidak dapat digunakan sebagai konstanta, variabel, atau nama identifier.

Komentar Dalam Java

Java mendukung penggunaan komentar signle-line dan multi-line. Semua karakter didalam komentar akan diabaikan oleh Compiler Java.

Menggunakan Baris Kosong 

Suatu baris kode yang hanya berisi spasi (baris kosong) akan diabaikan dan tidak akan di compile oleh Java

Pewarisan

Kelas – kelas dalam Java dapat mewarisi kelas – kelas yang lain, pada dasarnya jika anda ingin membuat kelas baru yang membutuhkan kode – kode yang ada pada kelas lain, anda dapat mewarisi kelas lain itu.

Konsep ini memungkinkan Anda untuk menggunakan filed dan method yang sudah ada tanpa harus menulis kembali kode tersebut pada kelas yang baru.

Interface

Pada Java, interface dapat didefinisikan sebagai sebuah kontrak antara objek – objek tentang bagaimana berkomunikasi satu sama lain.

Tentang gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

Dasar Java – Polimorfisme Dalam Java

Polimorfisme adalah kemampuan suatu objek untuk memiliki banyak bentuk. Perhatikan contoh berikut: [crayon-5bcdc5f1dc41f164833252/] Kelas Rusa …

Dasar Java – Eksepsi Dalam Java

Eksepsi adalah masalah yang muncul pada saat mengeksekusi program. Sebuah eksepsi dapat terjadi karena berbagai …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.