Breaking News
Home / Android / Android JetPack

Android JetPack

Android Jetpack merupakan sebuah inovasi dari Google yang membuat para developer Android terbantu dan cepat dalam mengembangkan sebuah Aplikasi yang berkuliatas dan tangguh dengan sekumpulan libray, tools dan panduan didalamnya.

Jetpack adalah sekumpulan library, fitur, dan panduan untuk membantu developer menulis aplikasi berkualitas tinggi dengan lebih mudah. Komponen-komponen ini membantu Anda mengikuti praktik terbaik, membebaskan Anda dari kode boilerplate, dan menyederhanakan tugas yang kompleks, sehingga Anda dapat fokus pada kode yang Anda minati.

Jetpack terdiri dari library paket androidx.* yang tidak terpaket dari API platform. Artinya, Jetpack akan menawarkan kompatibilitas dengan versi sebelumnya dan lebih sering diupdate dibandingkan platform Android, sehingga Anda selalu dapat mengakses versi komponen Jetpack terbaru dan terbaik.

Adapun libarary yang masuk dalam daftar Android JetPack dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Dalam artikel selanjutnya kita akan fokus belajar pada bagian Architechture meliputi Lifecycles, LiveData, ViewModel, dan Room.

Masing-masing library memiliki fungsi yang sangat membantu dalam pengembangan aplikasi android. Android JetPack sangat cocok digunakan dengan penggunaan bahasa Kotlin, sehingga kode yang kita buat dan kembangkan mudah dibaca serta sederhana.

Kita juga dapat menggunakan library-library tersebut untuk menerapkan design pattern pada kode kita sehingga lebih rapih dengan tujuan clean architechture, serta mudah untuk di maintain.

Demikian info dari Android JetPack. Tunggu artikel praktik selanjutnya untuk lebih memahami Android JetPack yah.

About gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

Ahmad Rosid – Cara Mengatasi Custom Request Dengan Retrofit

Kadang kala dalam urusan dengan API kita akan mendapati request yang tidak biasa kita jumpai …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.