Breaking News
Home / Android / Ahmad Rosid – Cara Mengatasi Custom Request Dengan Retrofit

Ahmad Rosid – Cara Mengatasi Custom Request Dengan Retrofit

Kadang kala dalam urusan dengan API kita akan mendapati request yang tidak biasa kita jumpai dimana tutorial di internet beredar, salah satu kasus disini adalah jika kita berurusan dengan dinamis key value request post, contohnya seperti berikut ini.

Langkah pertama yang perlu temen — temen perhatikan dalam proses mengembangkan aplikasi adalah belajar bahasa inggris dan baca dokumentasi dari sebuah library yang kalian pakai dengan seksama.

Nah disini kalau kita baca dengan seksama pada dokumentasi retrofit maka kita akan dapati keterangan berikut ini pada penjelasan REQUEST BODY.

Disini jelas sekali kita bisa menggunakan RequestBody yang di mana ini adalah sebuah object yang di gunakan untuk request pada OkHttp. So dengan begini kita bisa menggunakan RequestBody ini untuk mengatasi custom request di retrofit yang sedikit rumit.

Request Body

Nah yang perlu di ketahui adalah retrofit ini di buat di atas OkHttp, yang dimana okhttp ini cukup sangat customable dalam hal request dan response, menggunakan builder pattern akan memudahkan dan mempercepat kita dalam munggunakan retrofit ini.

Dalam kasus ini kita dapati sebuah key value array pada data yang akan kita post ke server dari API kita. Nah untuk itu kita tidak bisa menggunakan pojo dalam requestbody dari retrofit. Untuk itu kita bisa menggunakan request mutltipart body, karena request multipart body ini bisa kita gunakan untuk store key-valuepair.

OK kali ini kita langsung pada latihan mengimplementasikan teori yang telah kita bahas pada project latihan kita. Pada latihan ini kita akan coba buat sebuah aplikasi post sederhana yang kita — kita seperti ini tampilanya.

ApiServices

Seperti biasa retrofit butuh satu inteface untuk mengakses Endpoint teretentu dari sebuah API.

ResponseModel

Disini kita akan definisikan pojo dari data yang kita terima dari server setelah kita melakukan interaksi dengan server.

Berikut ini bentun JSON nya :

Dan Berikut ini bentuk POJO nya :

Eksekusi API

Nah berikut ini cara melakukan ekseskusi dari API nya.

Yang perlu di cermati adalah bagian ini, bagian request body, jadi kita hanya tinggal perlu menambahkan data pada addFormDataPart sesuai key yang di perlukan.

OK sampai disini dulu sedikit tips ini, mudah — mudahan membantu ya. Dan tulisan ini special untuk rekan kerjanya mas Dedy Yugo Purwanto yang belum tahu retrofit itu bisa digunakan untuk ngepost array key-valuepair, semoga bermanfaat ya.

Jangan pernah bilang tidak bisa kalau belum dicoba karena di dunia programmer bukan tempatnya orang yang selalu bilang tidak bisa.

Nah untuk source code dari aplikasi ini silahkan di ambil dari github saya melalui link dibawah ini.

Jangan lupa untuk berikan claps untuk tutorial ini yaks. Sampai ketemu pada tutorial selanjutnya.

About gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

Ahmad Rosid – Aplikasi Dompetku Implementasi CRUD database Realm

Yang namanya programming pasti tidak akan jauh — jauh dengan yang namanya pengolahan data, nah salah satunya …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.