Breaking News
Home / Web / Laravel / Ahmad Rosid – Cara Membuat dan Mempublikasikan Packages Composer

Ahmad Rosid – Cara Membuat dan Mempublikasikan Packages Composer

Hallo semua para PHP developer, kali ini saya akan share tentang pembuatan library php dan mempublikasikanya pada depedency manager yang biasa kita gunakan sebagai PHP developer yaitu composer.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membuat sebuah library yang simple yaitu sebuah library yang akan digunakan untuk mendapatkan ongkos kirim melalui jasa pengiriman tiki.

Untuk membuat library ini cukup sangat mudah, kita cukup membuat sebuah kode library dengan beberapa config composer dan selanjutnya kita publish kode kita ke dalam version control. Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan github sebagai version control untuk memudahkan kita dalam publish library yang telah kita buat.

Buat Project Baru

Buat sebuah folder untuk library yang akan kita buat, untuk nama project yang akan kita buat silahkan samakan dengan nama library yang akan kita publikasikan di composer. Namun sebelum membuat sebuah project ini kita perlu melakukan cek apakah sudah ada atau belum orang lain yang menggunakan package seperti yang kita buat dan untuk mengeceknya bisa dengan melakukan pencarian melalui link seperti di bawah ini jika nanti mendapatakan pesan No packages found berarti kita bisa gunakan nama itu.

Selanjutnya kita buat sebuah file config untuk composer seperti berikut ini.

Dan jika sudah sekarang kita buat core library nya, disini kita akan masukkan file dari library yang kita pakai pada folder src/ dengan namespace TikiOngkir.

Berikut ini contoh code yang akan kita gunakan sebagai core dari library kita.

 

Setup Github Repo

Sudah selesai sekarang buat sebuah repository pada github dan kemudian setup git repo pada project yang sedang kita buat dengan menjalankan perintah berikut ini.

Create Release Repo

Sudah kita publish ke github sekarang kita buat release dari libray nya. Disni nanti kita akan menentukan tag versin dari library yang kita buat.

Submit Package to Composer

Sudah selesai sekarang waktunya submit package yang telah kita publish ke github. Silahkan buka url di bawah ini untuk melakukan submit package yang telah kita buat tadi.

Dari composer sendiri sebenarnya sudah memberikan beberapa panduan pada websitenya untuk melakukan submit package, silahkan kunjungi panduanya melalui link dibawah ini.

Disini kita cukup copy pastekan url github dari project kita tadi dan tekan check dan jika url nya belum di publish makan akan muncul button submit dan selanjut kita klik dan selesai.

Jika sudah makan hasilnya akan seperti dibawah ini.

Nah gimana mudah bukan?

Nah mungkin cukup sekian tutorial kali silahkan berikan claps dan share artikel ini untuk temen — temen yang lain semoga bermanfaat. Dan sampai jumpa di tutorial berikutnya bersama saya.

Untuk source code dari project ini silahkan download melalui link dibawah ini.

Sampai jumpa, and always be happy. 🙂

About gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

WordPress – Tema dan Permalinks

Sebuah folder themes akan terdeteksi sebagai sebuah tema. jika memiliki setidaknya 2 file di dalam …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.