Beranda / Web / Laravel / Tutorial Laravel Bagian II – Instalasi Laravel

Tutorial Laravel Bagian II – Instalasi Laravel

Halo balik lagi dengan saya yah, setelah kemarin kita tahu keunggulan dari framework laravel (http://www.gookkis.com/tutorial-laravel-bagian-i-pengenalan-laravel/) sekarang kita lanjut lagi untuk memulai coding, sebelum coding kita diharuskan melakukan instalasi software pendukung. Beberapa software pendukung diantaranya adalah sebagai berikut :

Text Editor

Text editor tentu jadi kebutuhan wajib yang harus diinstall, karena akan digunakan untuk melakukan editing kode serta dalam penulisan web. Temen-temen bebas menggunakan text editor sesuai dengan kebutuhan.Text editor ada yang berbayar dan banyak yang gratis, beberapa text editor yang gratis dan dapat dipakai oleh kita antara lain Notepad++, Sublime Text, Atom, Brackets, Visual Studio Code, dan lainnya.

Web Server

Web server digunakan sebagai penyedia layanan web pada komputer lokal, jadi kita tidak perlu menggunakan hosting kita dapat menggunakan web server lokal. Laravel yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dapat menggunakan server Apache maupun NGIX. Nantinya kita akan mengganakan XAMPP, saya menggunakan XAMPP yang mendukung PHP versi 7.1.8 dapat diunduh disini.

Composer

Composer adalah digunakan untuk memudahkan instalasi Laravel dan mendownload library yang dibutuhkan dari internet. Jadi, sebelum instal Laravel wajib hukumnya untuk instal Composer terlebih dahulu. Composer dapat di download disini.

Setelah software pendukung selesai diinstal maka kita dapat melakukan instal Laravel, wajib hukumnya terkoneksi ke internet karena composer akan melakukan download dan membuat folder project sesuai nama yang kita inginkan.

Melaluio cmd kita masuk ke folder htdocs, kemudian ketikan perintah berikut ini.

perintah diatas akan membuat folder latihan didalam folder htdocs yang berisi kode-kode aplikasi laravel, disitulah kita akan membuat project kita.

Tentang gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *