Beranda / Web / Laravel / Tutorial Laravel Bagian I – Pengenalan Laravel

Tutorial Laravel Bagian I – Pengenalan Laravel

Wah Gookkis Studio udah lama ga update website nih, maklum sibuk di-offline-nya. Sekarang mimin mau sharing tentang pemrograman web dengan framework Laravel, yuk sebelum ngoding kita bahas keunggulan framework ini.

Laravel merupakan salah satu dari sekian banyak framework PHP yang dapat digunakan secara gratis. Laravel dikembangkan oleh programmer keren asal Amerika yaitu Taylor Otwel pada tahun 2011. Laravel merupakan salah satu framework favorit programmer dunia, mengalahkan framework-framework pendahulunya.

Bagi yang gak tahu framework, secara sederhana framework adalah kumpulan kode program yang akan selalu digunakan pada setiap pembuatan aplikasi. Karena selalu digunakan, maka kode tersebut dikumpulkan dan disusun secara rapi pada susunan folder agar mudah digunakan dan jadilah sebuah framework.

Keberadaan framework sangat membantu dalam pengembangan aplikasi karena dapat menghemat waktu karena kita tidak harus membuatnya dari nol. Framework sudah menyediakan modul-modull yang kita butuhkan, jadi kita hanya perlu lebih konsentrasi pada pembuatan logika aplikasi.

Keunggulan Laravel

  1. Memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki framework lain.
  2. Framework PHP yang ekspresif, artinya kode pada laravel menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.
  3. Memiliki dokumentasi yang lengkap, bahkan setiap versinya.
  4. Banyak digunakan oleh programmer sehingga memiliki library yang mendukung.
  5. Didukung oleh Composer sehingga library-library Laravel dapat diperoleh dan diinstall dengan mudah dengan bantuan koneksi internet.
  6. Memiliki template engine tersendiri yang diberi nama blade yang memudahkan kita menampilkan data pada template HTML.

Tentang gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *