Beranda / Bahasa Pemrograman / Tips Laravel – Membuat PDF

Tips Laravel – Membuat PDF

Format PDF sering menjadi pilihan untuk proses cetak dokumen. Format ini juga sering digunakan untuk proses cetak laporan dalam berbagai aplikasi, termasuk aplikasi POS yang akan kita buat. Bagusnya, Laravel kita sangat dimudahkan dalam membuat file PDF karena pengaturan layoutnya cukup dengan HTML dan CSS. Dengan penambahan sedikit skrip PHP akan dikonversi menjadi file PDF. Bahkan kita juga dapat menggunakan style dari Bootstrap untuk memudahkan pengaturan layout tampilan data.

Untuk membuat PDF pada Laravel, kita dapat menggunakan paket barryvdh/laravel-dompdf. Kita dapat menginstal paket tersebut dengan composer melalui command prompt dengan skrip sebagai berikut :

Jika sudah berhasil diinstall, kita tambahkan service provider dan alias pada file config/app.php sebagai berikut:

app.php

Untuk contohnya, kita akan menampilkan data produk dalam bentuk PDF yang langsung ditampilkan pada browser dan dapat di-download untuk disimpan menjadi file PDF. Langsung saja kita buat route yang akan membuka file PDF sebagai berikut:
web.php

Selajutnya, buat method makePDF() pada file ProdukController.php sesuai route di atas sebagai berikut:
ProdukController. php

Untuk mengakses view yang akan dijadikan PDF digunakan perintah PDF::loadView() Untuk  mengatur  ukuran  kertas  dan orientasi kertas gunakan method setPAPER(). Untuk mengakhiri pembuatan PDF
method stream() yang akan menampilkan fil_e PDF pada browser. Jika kita lngin menampilkan file PDF, tetapi langsung di download, kita dapat mengganti method stream() menjadi download(‘namafile’). cukup mudah bukan?

Perlu diperhatikan, sebelum membuat method diatas, pastikan kita sudah memanggil library yang dibutuhkan dengan skrip use PDF pada bagian atas sebelum pembuka Class ProdukController.

Langkah terakhir, buat view yang akan dijadikan PDF pada folder view/ produk dengan nama pdf.blade,php sebagai berikut :

pdf.blade.php 

 

untuk view yang akan dijadikan PDF, kita tidak menggunakan file templet app.blade.php, tetapi kita tuliskan skrip HTML lengkap dari tag pembuka <html> hingga penutup </html> pada satu file. Untuk melihat hasilnya, buka localhost/latihan/pdfproduk.

Tentang gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

Dasar Java – Eksepsi Dalam Java

Eksepsi adalah masalah yang muncul pada saat mengeksekusi program. Sebuah eksepsi dapat terjadi karena berbagai …

Dasar Java – Angka Dalam Java

Tiga angka dalam java memiliki jenis pembungkusan (wrapper class) sesuai dengan tipe masing – masing. …

2 komentar

  1. tolong jelasin foreign key sama primary keynya

    • Primary key adalah field kunci / utama dari suatu tabel yang menunjukkan bahwa field yang menjadi kunci tersebut tidak bisa diisi dengan data yang sama, / dengan kata lain Primary key menjadikan tiap record memiliki identitas sendiri-sendiri yang membedakan satu sama lainnya (unik).

      Foreign key yaitu satu atribute (atau satu set atribute) yang melengkapi satu relationship (hubungan) yang menunjukkan ke induknya. Foreign key berguna untuk mendefinisikan kolom-kolom pada suatu tabel yang nilainya mengacu ke tabel lain,jadi kolom foreign key nilainya harus diambil dari nilai kolom pada tabel lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *