Beranda / Android / Dev Tools / Shortcut dan Pro-Tips Mempercepat Koding di Android Studio

Shortcut dan Pro-Tips Mempercepat Koding di Android Studio

Ya kali ini kita akan membahas Pro Tips yang merupakan fitur dari Android Studio yang dapat anda gunakan dengan versi Android Studio 2.0. Asal teman-teman tahu ketergantungan menggunakan mouse pada saat koding sangat menurunkan produktifitas dalam hal pengembangan aplikasi. Menggunakan mouse lebih memakan banyak memakan waktu, kita akan belajar dan membiasakan menggunakan shor-cut dalam IDE Android Studio agar dapat lebih produktif.

Banyak sebenarnya shortcut-shortcut pada IDE Android Studio yang dapat kita customize agar lebih mudah digunakan. Teman-teman dapat melakukannya pada menu File -> Settings -> Keymap jika menggunakan Windows, atau Android Studio -> Preferences -> Keymap pada Mac OS. Shortcut default yang dapat teman-teman gunakan dapat tombol download dibawah.

Windows/Linux   Mac OS

Sebelum saya menyampaikan shorcut yang umum digunakan dalam koding di Android Studio berikut simbol yang ada dalam Mac OS.

OPT/ALT
SHIFT
CMD
ESC
CAPSLOCK
RETURN/ENTER
DELETE
^ DELETE

Nah disamping shortcut-shortcut di atas, Android Studio juga memiliki Pro-Tips yang dapat dimanfaatkan teman-teman agar koding menjadi lebih cepat. Dalam video dibawah ini merupakan beberapa tips yang nanti kita akan bahas.


Dari video di atas, yang sangat efektif digunakan adalah penggunaan TAB’s dan Code Templates. Contoh penggunaannya seperti berikut.

Untuk code Completion saat muncul pilihan beberapa method setelah disorot langsung aja TAB jangan ENTER agar mereplace method yang exist jadi ga perlu hapus, dapat juga pada parameternya. Contohnya seperti ini.

Kemudian untuk code template simple dan penggunaan complex ada dibawah ini.

Itu saja dari saya, semoga semakin mantep yah skill coding nya. Kalau mau liat daftar live template bisa masuk Settings atau Preferences kemudian cari Live Templates, disitu ada list live templatenya. Contoh pada saat gunaiin adalah seperti berikut :

F2hJkmHAff

 

 

Terima kasih, salam pokoknya ngoding…..

Sumber : https://medium.com/google-developers/about-10-things-you-probably-didn-t-know-you-could-do-in-android-studio-de231071b375#.20soi9j3d

Tentang gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

Android Programing – Migrasi ke Kotlin

Kotlin akhir — akhir ini sangat banyak di bicarakan oleh developer android, banyak yang bilang juga kotlin …

Android Studio – Gak lagi make “findViewById”

Halo salam pokoknya ngoding,,,, Eh lama Gookkis Studi lama ga update nih yah, maklum lagi …

Satu komentar

  1. That insight solves the prmoleb. Thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *