Beranda / Android / Penggunaan Fitur Android Studio 2.0

Penggunaan Fitur Android Studio 2.0

Eh belum lama kemarin si Google habis rilis stable Android Studio versi 2.0 kan yah. Nah dirilis terbaru itu ada beberapa fitur baru yang sangat membantu developer dalam melakukan coding lho. Yuk kita bahas lebih dalam, dan sesuai judul pasti kita akan ada sesi ngoding untuk contoh penggunaan salah satu fiturnya.

image02

Instant Run yaitu dimana kita dapat melakukan debuging pada aplikasi yang sedang kita buat dan si android tidak build ulang tapi melakukan patching pada aplikasi yang terinstal pada device yang sedang kita gunakan untuk debug. Instant Run hanya support ada saat kita melakukan deploy pada debug build variant, dan menggunakan Android Plugin Gradle version 2.0.0 atau lebih tinggi, dan set minSdkVersion pada 15 atau lebih tinggi pada module app file build.gradle. Untuk performance yang lebih baik set minSdkVersion menjadi 21 atau lebih tinggi. Saya juga sudah mencoba fitur tersebut dan sangat terasa perbedaannya dari android studio sebelumnya. Tips nya adalah update gradle temen-temen menggunakan versi 2.0.0 pada project build.gradle yaitu build.gradle yang ada di root foleder project kita, inget yang bukan di module tapi di-project-nya. Nah berikut script yang ada dalam file build.gradle tersebut.

Kemudian update juga root project->gradle->gradle-wrapper.properties dengan versi 2.10

Untuk yang ingin mempelajari Instant Run lebih dalam dapat di cek link ini.

Layout Preview merupakan fitur yang dapat digunakan untuk mempermudah kita dalam melakukan coding pada saat membuat User Interface atau layout, lebih tepatnya adanya preview. Yang membuat lebih menarik adalah kita dapat membuat preview list dalam RecyclerView atau ListView di file xml layou. Biar lebih jelas yuk make koding aja.

Pertama-tama buat project dengan empty Activity, karena kita akan menggunakan RecyclerView dan CardView maka kita tambahkan dependecies pada build.gradle app kita.

Kemudian edit activity_main.xml seperti dibawah ini.

Kemudian buatlah layout satu lagi dengan nama item_list_detail.xml

Nah pada baris 13 dan 23 terdapat atribut tools:drawableLeft untuk preview saja, jadi pada saat runtime tidak akan ada gambar tersebut begitu juga dengan artibut tools:text. Nah dengan atribut tools tersebut Android Studio akan menganalisa hanya sebagai layout preview dan tidak dijalankan pada saat runtime. Untuk lebih dalam teman-teman dapat memanfaatkan Typing tools dan menggunakan CTRL+SPACE untuk mendapat suggest atribut. Berikut hasil preview dari xml tersebut.

Screen Shot 2016-04-14 at 12.43.26 PM

Selanjutnya kita akan menampilkan item_list_detail.xml dalam RecyclerView yang telah kita buat dalam activity_main.xml yang telah kita buat. Berikut code nya.

Pada line ke-10 merupakan set agar RecyclerView menggunakan LinearLayout pada list-nya dan kode line-11 merupakan kode untuk menempatkan layout item_list_details.xml pada RecyclerView. Jika semua lancar maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Screen Shot 2016-04-14 at 12.53.27 PM

Untuk tips selanjutnya adalah kita akan melakukan preview untuk berbagai ukuran screen yaitu dengan cara memilih preview pada all screen seperti gambar dibawah ini. Catatan bahwa menggunakan preview pada all screen akan mengakibatkan konsumsi RAM yang tinggi sehingga akan memperlambat kinerja komputer anda :).

7WfHGXJAat

Oke itu aja tips hari ini yah. Yang butuh kode nya bisa langsung cek Github.com dibawah ini. Thanks, Salam Pokoknya Ngoding….

Download View Github

Tentang gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

Android Programing – Migrasi ke Kotlin

Kotlin akhir — akhir ini sangat banyak di bicarakan oleh developer android, banyak yang bilang juga kotlin …

Android Studio – Gak lagi make “findViewById”

Halo salam pokoknya ngoding,,,, Eh lama Gookkis Studi lama ga update nih yah, maklum lagi …

Satu komentar

  1. Wah ketinggalan nih saya masih pake yang lawas.
    Fitur-fitur barunya tambah memudahkan untuk koding apalagi bagi pemula seperti saya.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *