Beranda / Android / Kotlin 1 – Konfigurasi Android Studio dengan Kotlin

Kotlin 1 – Konfigurasi Android Studio dengan Kotlin

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menyiapkan Android Studio untuk dapat menggunakan Kotlin. Adapun keunggulan kotlin meliputi :

  • Concise : Kotlin mampu mengurangi boilerplate of code atau tingkat kerumitan dari kode yang biasa kita tulis, ketika menggunakan bahasa Java
  • Safe : Kotlin mampu menjamin bahwa setiap syntax yang kita tulis secara proses kompilasi dapat mencegah kemungkinan terjadinya error, misalnya mampu mencegah terjadinya NullPointerExceptions ketika kita codingmenggunakan bahasa Java
  • Versatile : Kotlin sejatinya sama seperti Java, karena memang kotlin itu sendiri di turunkan dari bahasa induknya, yaitu Java. Sehingga kotlin juga dapat di pakai dalam pengembangan aplikasi di Web maupun Mobile
  • Interoperable : Kotlin tidak sama seperti bahasa Java turunan lainnya (misal; Scala ataupun Clojure) yang tidak dapat dijalankan bersamaan dengan kode yang kita tulis menggunakan Java. Kotlin mampu membaca kode lama atau library yang kita gunakan atau kita tulis dengan bahasa Java dan begitupun sebaliknya

Sebelum kita mulai menulis kode dengan kotlin, kita perlu menambahkan plugin dari Android Studio yang tentu saja akan digunakan dalam menulis bahasa pemrograman dengan Kotlin. Buka Android Studio, lalu pilih menu configure -> plugins. Kemudian klik tombol “Browse repositories…” dan ketikkan kata “Kotlin” lalu klik “Install”

Buat Project Baru

Kita akan mulai dari awal, buka Android Studio dan buat project baru.

Pasang Koltin Plugin pada Project

Langkah berikutnya adalah menerapkan plugin Kotlin pada project, berikut ini saya ak

 

an memberi tahu cara menerapkan plugin Kotlin secara manual :

a. Tambahkan Kotlin pada Gradle Plugin

Untuk mengkonfigurasi plugin, pertama kita perlu menambahkan pluginuntuk “build.gradle” pada root project, cara yang sama itu dilakukan untuk plugin Gradle (otomatis). Menambahkan plugin untuk penutupan dependensidalam file “build.gradle” pada project. Konfigurasi pada file “build.gradle” di project terlihat seperti ini:

b. Terapkan Kotlin pada Android Plugin

Setelah menambahkan plugin Kotlin pada Gradle, langkah berikutnya adalah untuk menerapkan plugin. Untuk melakukan hal ini, kita perlu menambahkan Plugin: “Kotlin-android” ke dalam file “build.gradle” pada aplikasi-modul menjadi seperti ini :

Dari Java menjadi file Kotlin

Untuk memiliki file Kotlin kita akan mengkonversi file “MainActivity.java” sudah dibuat ke dalam sebuah file Kotlin. Untuk melakukan ini kita mulai dengan membuka file “MainActivity.java” , buka Find Action dan mulai mencari “Convert Java to…

Sebuah pesan akan memperingatkan kita bahwa mungkin konversi tidak akurat dan diperlukan beberapa perubahan tapi akan baik-baik saja untuk saat ini.
Anda akan melihat file “MainActivity.java” berubah ekstensi menjadi fileKotlin “MainActivity.kt” dan akan terlihat seperti ini :

Dan Terakhir Konfigurasi Project menggunakan Kotlin

Sekarang kita siap untuk mengkonfigurasinya. Mari kita jalankan lagi “Configure Project with Kotlin” seperti berikut :


Pilih versi Kotlin terbaru dan pastikan untuk memiliki Plugin terbaru telah diinstal di Android Studio

Sebuah pesan baru akan muncul dan memungkinkan kita untuk memilih yang modul kita ingin konversi dan juga versi plugin Kotlin yang ingin kita gunakan.
Anda akan melihat bahwa file “build.gradle” dari modul Anda telah diperbaharui. Dan akan memiliki konfigurasi baru seperti ini:.

Pada awalnya Anda harus melakukannya secara manual tapi sekarang dengan Plugin ini benar-benar menjadikan mudah.

Sekarang semuanya sudah siap untuk menjalankan App ini dan menggunakan file Kotlin pada “MainActivity.kt” 🙂

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, sangat mudah untuk mengkonfigurasi sebuah projectAndroid Studio dengan Kotlin, kita hanya perlu file Kotlin dalam modul untuk mengkonfigurasinya dengan Plugin.

 Referensi : https://medium.com/skyshidigital/konfigurasi-android-studio-dengan-kotlin-30f161127dcb

View story at Medium.com

Tentang gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

Dasar Java – Interface Dalam Java

Interface merupakan kumpulan method – method abstrak. Sebuah kelas yang menigmplementasikan interface, mewarisi method – …

Kotlin 3 – Tipe Data dan Variable

Halo selamat malam, kali ini saya akan berbagi tentang tipe data dan variable pada bahasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *