Beranda / Android / Android Studio – Gak lagi make “findViewById”

Android Studio – Gak lagi make “findViewById”

Halo salam pokoknya ngoding,,,, Eh lama Gookkis Studi lama ga update nih yah, maklum lagi agak sibuk…Eh ternyata Android Studio punya banyak fitur setelah Google I/O kemarin, yang keren itu ada Constraint Layout (masih beta ya…masih banyak kutu…) eh baca-baca di medium ada yang keren lagi… Ada fitur yang keren, temen-temen ga usah make findViewById lagi euy…

Jadi nanti source kita ga make findViewById yang biasanya rame banget, tapi kali ini bukan make Butterknife tapi make DataBinding nya Android Studio….Hore…bye-bye findViewById. Jadi cara kerjanya itu pada saat kita membuat layout wajib menambahkan code ini pada layout terluar. Dan menambahkan dependencies untuk data binding seperti berikut ini.

Setelah itu kita membuat layout seperti di bawah ini.

Tag layout tersebut akan dieksekusi oleh Android Studio bahwa layout tersebut harus melakukan proses tambahan pada saat kompilasi kode, yang kemudian mengenerate class yang akan kita pakai dalam binding view tersebut. Layout lainnya yang tidak memiliki tag layout tidak akan diproses untuk mengenerate class sehingga tidak efisien dalam kompilasi.

Pada contoh di bawah ini saya jelaskan perbedaan antara menggunakan data binding dan tidak, jika tidak menggunakan data binding akan kode akan seperti berikut ini.

Nah kalau udah make data binding maka akan seperti berikut ini.

Nah pada baris ke 12 ada ActivityMainBinding nah class tersebut merupakan class yang otomatis tergenerate dari layout yang ada yaitu activity_main.xml akan menjadi class ActivityMainBinding, yang harus diperhatikan adalah camel case atau Huruf besar di awal kalimat. Kemudian pada kode diatas juga kita melakukan assign untuk handlers button. Dan melakukan perubahan text pada pada klik handlers dari button.

Yang terpenting adalah jika kita memberikan id “@+id/hello” maka akan menjadi hello. Penggunaan pada kelas fragment juga ada pada source code yang temen-temen dapat download di bawah.

Sungguh sangat membantu bukan, sebenernya banyak yang dapat dilakukan lebih dengan data binding android, selengkapnya temen-temen dapat pelajari pada https://developer.android.com/topic/libraries/data-binding/index.html, Insya Allah ke depan saya akan buat video tutorialnya agar teman-teman lebih mudah memahami.

Terima kasih. Salam Pokokonya Ngoding….

Download View Github

Tentang gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

Android Programing – Migrasi ke Kotlin

Kotlin akhir — akhir ini sangat banyak di bicarakan oleh developer android, banyak yang bilang juga kotlin …

MonLis (Monitoring Listrik) Intel Edison dan Android

Tagihan listrik seringkali menjadi masalah utama masyarakat, karena masyarakat kurang sadar akan hemat energi. Karena …

Satu komentar

  1. mas kalo untuk edittext yg bentuk datanya berubah-ubah berarti nggak bisa pke databinding ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *