Beranda / Android / Android Programing – Migrasi ke Kotlin

Android Programing – Migrasi ke Kotlin

Kotlin akhir — akhir ini sangat banyak di bicarakan oleh developer android, banyak yang bilang juga kotlin ini adalah swiftnya android. Nah buat kamu yang penasaran dengan kotlin hal yang pertama perlu kamu lakukan adalah belajar migrasi projectmu ke kotlin atau coba membuat project android dengan kotlin.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagi tutorial cara migrasi project androidmu ke kotlin. Pada dasarnya kotlin ini dijalankan di atas JVM (Java Virtual Machine) nah konsep dari kotlin ini sebenarnya sama atau mirip — mirip dengan java. Kalau kamu sudah banyak paham arsitektur dari java maka akan sangat mudah jika ingin mencoba kotlin ini. Bahkan mungkin saja kamu akan sama seperti saya sekarang yang jatuh cinta dengan kotlin ini.

Install Plugin Kotlin

Nah sampai saat ini saya baru mencoba kotlin dengan IDE AndroidStudio, nah buat kamu yang nggak pake android studio silahkan install android studionya dulu baru lanjut ikuti tutorial ini. Nah karna Kotlin ini di kembangkan Oleh JetBrains maka ini sangat mudah sekali jika mengintegrasikan IDE dari JetBrains salah satunya android studio yang biasa kita gunakan untuk membuat aplikasi android. Untuk itu langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah install plugin kotlin ini.

Jika sudah selesai install kotlin plugin restart android studio dan sekarang buat project baru. Nah pada contoh kali ini misalkan kita membuat project dengan nama MigrasiKotlin.

Configure Kotlin In Project

Sudah install plugin kotlin dan restart android studio selanjutnya adalah menambahkan script gradle agar bisa suport kotlin. Nah untuk melakukan itu click tool->kotlin->configure kotlin in project->android with gradle.

 

dengan begitu nanti akan menambahkan script seperti ini di buil.gradle.

Nah sekarang project kita sudah support kotlin.

Convert Java File To Kotlin

Nah selajutnya yang sangat menarik adalah dengan Android Studio ini kita bisa convert fava file ke kotlin berikut ini caranya click code-convert java file to kotlin.

Nah ini contoh hasil convert java to kotlin :

Nah sampai sini sudah selesai proses migrasinya. Gimana gampang kan? Silahkan share jika ada teman yang lain yang ingin belajar migrasi project ke kotlin. Sampai jumpa di next artikel ya 🙂 Happy learning and Happy Coding guys.

Checkout github project example here :

Download Project

Tentang gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

Android Studio – Gak lagi make “findViewById”

Halo salam pokoknya ngoding,,,, Eh lama Gookkis Studi lama ga update nih yah, maklum lagi …

MonLis (Monitoring Listrik) Intel Edison dan Android

Tagihan listrik seringkali menjadi masalah utama masyarakat, karena masyarakat kurang sadar akan hemat energi. Karena …

Satu komentar

  1. Bener banget gan , saya sebelumnya gak tertarik banget ama Kotlin , tapi setelah Google meresmikanya ,menjadi bahasa alternatif , untuk membuat Aplikasi Android , saya jadi excited banget gan.. hehe 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *