Beranda / Android / Android Network Library – Retrofit REST API Client Tutorial

Android Network Library – Retrofit REST API Client Tutorial

Retrofit merupakan library android yang dibuat oleh Squre yang digunakan sebagai REST Client pada Android, yang pasti akan memudahkan kita dalam programing. Karena kita tidak perlu lagi untuk membuat method-method sendiri untuk menggunakan REST Client API dari backend. Library ini menyediakan framework yang powerfull untuk authenticating dan berinteraksi dengan API dengan mengirimkan request menggunakan OkHTTP. OkHTTP sendiri telah saya bahas disini “Android Network menggunakan OkHttp“.

Retrofit memparsing JSON response dari Web API menjadi Plain Old Java Object (POJO) sehingga akan memudahkan menggunakan value-value yang berada dalam respone karena sudah otomatis terkonversi menjadi object. Jika sebelum adanya Retrofit kita harus lakukan menggunakan AsyncTask untuk melakaukan request dari web dalam background thread kemudian kita membuat JSONParser sendiri, dengan Retrofit semuanya kita tidak perlu melakukan hal itu semua.

Yuk langsung kita belajar memakainya. Buatlah project baru dengan Empty Activity. Kemudian update build.gradle seperti berikut :

Kemudian tambahkan internet permission pada manifest.

Di sini saya menggunakan library Retrofit versi 2.0.0 dan menggunakan GSON sebagai parser JSON nya. Dalam latihan ini kita akan menampilkan  list (data) dari API link berikut.

https://api.stackexchange.com/2.2/search?order=desc&sort=activity&tagged=android&site=stackoverflow

Kita buka link di atas dan copy kemudian paste pada web http://www.jsonschema2pojo.org/ seperti dibawah ini.

Screen Shot 2016-03-30 at 3.36.32 PM

 

Setelah sudah seperti diatas klik zip dan download file kemudian extrak, kopi Class ke dalam project kita. Akan tampil seperti berikut.
Screen Shot 2016-03-30 at 4.55.11 PM

Setelah itu buatlah dua layout,

activity_main.xml

item_list.xml

Kemudian buat Interface class dengan nama StackExchangeAPI.java, kode dibawah sudah saya berikan comment untuk penjelasan per kode.

Setelah itu kita akan membuat AdapterQuestion.java yang akan digunakan sebagai adapter untuk menampilkan list pada RecyclerView.

Terakhir kita akan membuat MainActivity.java, 

Nah jika semua sudah benar, dan kita coba run project kita maka akan tampil seperti di samping, setiap kita melakukan klik pada item list akan membuka browser dengan url pada list tersebut. Yang ingin liat project atau mau download klik aja button yang dibawah yah. Oke itu aja dulu yah, tunggu tutorial berikutnya yah. Salam pokoknya ngoding. Terima kasih.

Download View Github

retrofit

 

 

Tentang gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

Android Programing – Migrasi ke Kotlin

Kotlin akhir — akhir ini sangat banyak di bicarakan oleh developer android, banyak yang bilang juga kotlin …

Android Studio – Gak lagi make “findViewById”

Halo salam pokoknya ngoding,,,, Eh lama Gookkis Studi lama ga update nih yah, maklum lagi …

2 komentar

  1. Bisa dicontohkan kalau method POST pada class interface API-nya?
    @GET(“/search?”) kalau buat POST bagaimana ya?

    • Seperti ini contohnya yah…

      @POST(“user/edit”)
      Call updateUser(@Field(“first_name”) String first, @Field(“last_name”) String last);

      Kalau post menggunakan form bisa ditambahkan anotasi @FormUrlEncoded jadi nanti itu post ke base_url+user/edit yang dipost ada field first_name dan last_name.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *