Beranda / Android / Android Library Binding – Butter Knife Tutorial

Android Library Binding – Butter Knife Tutorial

Halo ketemu lagi, kali ini kita akan bahas library android yang dapat kita pakai untuk inject view yang pada versi terbaru diganti dengan @Bind  dengan bahasa lain agar kode kita lebih sedikit dan mempercepat dalam pengerjaan project android. Disamping itu Butter Knife versi 7.0.1 juga dapat untuk mem-binding resource drawable, color, string, dsb. Kita tidak perlu menginisialisasikan dan menggunakan method findViewById( ),onClick( ), onLongClick( ) , dsb yang memakan banyak baris kode dan agak kurang rapi. Butter Knife memudahkan inisiasi view-view dari layout Anda ke kode program aplikasi Anda. Pada akhir artikel ini kita akan membuat project sederhana contoh penggunaan libary Butter Knife.

Sebelum belajar dalam project sederhana berikut cara penggunaan libray ini. Nantinya project sederhana yang akan kita buat seperti pada video dibawah ini.

Binding view dalam Activity.

Binding resource.

Binding dalam Non-Activity (Fragment Class).

Binding dalam Adapter Class.

Setelah kita tahu cara penggunakan mari kita praktekan dengan membuat project sederhana dan saya akan bahas langkah-langkah serta cara penggunaan library Butter Knife ini.

Step 1) Update build.gradle

Untuk dapat mengunaakan libray ini kita harus menambahkan dependencies dari butter knife. Berikut kode nya

Step 2) Membuat activity_main.xml

Fungsi dari libray Butter Knife adalah untuk meng-inject view yang berada dalam layout dengan cara anotasi, sebelum kita menggunakan anotasi dalam Class Java kita harus memastikan telah membuat layout dan memberikan id pada view dalam layout tersebut.

Step 3) Penggunaan pada MainActivity.java

Berikut adalah kode dalam penggunaan library Butter Knife. Pada line 46 dan 47 merupakan listener dari onClick() dari ButterKnife button, pada line 46 kita akan mengubah text pada textView dan pada line 47 kita merubah gambar yang ada dalam imageView dengan logo yang berasar dari resource drawable.

Anda dapat melihat kode maupun mendownload pada tombol di bawah ini.

Download View Github

Tentang gookkis

Cuma tukang ketik di Gookkis.com, semoga tulisan jelek ini bermanfaat.

Baca Juga

Android Programing – Migrasi ke Kotlin

Kotlin akhir — akhir ini sangat banyak di bicarakan oleh developer android, banyak yang bilang juga kotlin …

Android Studio – Gak lagi make “findViewById”

Halo salam pokoknya ngoding,,,, Eh lama Gookkis Studi lama ga update nih yah, maklum lagi …

3 komentar

  1. Apakah penggunaan library seperti ini akn membuat file APK memiliki ukuran yg lebih besar?

    • Penggunaan library tergantung dari jenis library nya, tapi untuk Butterknife sndiri tidak signifikan dalam mempengaruhi size dari .apk, pertimbangan penggunaan library kembali pada kebutuhan masing2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *